jumlah pengunjung


web counter

Selasa, 01 Februari 2011

stiker mobil cangih

Bagi kawula muda penggemar modifikasi kendaraan, terutama mobil, tentunya nggak asing dengan teknik yang satu ini, yaitu cutting sticker atau lebih dikenal dengan sebutan stiker tempel.

Yah, teknik ini merupakan satu diantara teknik modifikasi eksterior mobil yang termasuk mudah dan menyenangkan. Makanya nggak heran kalau banyak digandrungi kawula muda, termasuk pecinta modif mobil di Pekanbaru.
Bukan saja menarik karena desainnya unik-unik dan bisa dikreasikan. Teknik ini juga disukai karena tidak akan merusak tampilan bodi mobil jika pengen kembali lagi ke warna semula. Kan tinggal dilepaskan aja.
Satu di antara pusat pengerjaan teknik stiker tempel adalah Dacok dari New Plus Accessories, Jalan Sudirman nomor 498. Mulai dari harga Rp 200 ribu hingga Rp 1,5 juta, tampilan mobil pun bisa berubah sesuai selera pemiliknya.
Harga dua ratusan ribu itu biasanya untuk motif-motif sederhana, seperti list mobil. Semakin luas, bidang mobil yang ingin ditutup stiker maka harganya pun semakin tinggi. Untuk yang full body bisa sampai jutaan.
Sedangkan motifnya ada berbagai macam. Dacok menjelaskan bahwa ia dapat memenuhi berbagai motif. Seperti motif aneka kartun, stripping, dan juga tribal. Dan dari berbagai motif itu, tripping dan tribal yang paling diminati.
Motif stripping biasa dipesan orang untuk stiker di bagian list kanan dan kiri mobil. Striping merupakan motif yang sederhana. Biasanya hanya terdiri dari desain panjang lurus atau model minimalis. Warnanya pun tidak terlalu banyak, hanya dua atau tiga warna saja. Motif itu cocok untuk kendaraan bergaya elegan.
Motif lain yang paling diminati adalah tribal. Misalnya motif seperti kilatan-kilatan api dan motif yang melengkung-melengkung. Motif tersebut kebanyakan diminati oleh anak-anak muda yang suka dengan gaya-gaya ektrim.
Yang lebih ekstrim lagi, ada juga yang memesan stiker dengan motif gabungan jenis-jenis gambar. “Ada juga yang datang membawa gambar tokoh kartun dan minta dipadukan dengan motif tribal,” ujar Bang Dacok.
Dan untuk memenuhi keinginan pelanggannya, Dacok bisa mengerjakan pesanan rumit tersebut dalam waktu dua hari. “Yang paling sulit itu cuma pas membuat desain,” ungkapnya. Sedangkan untuk proses yang lain, ia selalu bisa mengerjakannya dengan cepat. Bahkan untuk motif sederhana, ia bisa langsung mengerjakannya.
Wanna try this???!!! (ans)
KETIKA berada di jalan raya mungkin pandangan kita akan tertuju pada desain-desain unik dan lucu yang menempel di badan mobil yang lalu lalang di jalanan. Kadang desain itu menghiasi seluruh bodi mobil, namun tak jarang yang menambahkan sebagai pemanis di beberapa tempat saja.  Berbagai macam jenisnya, ada desain gambar kartun, model striping, atau motif tribal.
Sekilas dilihat, motif itu sepertinya menyatu dengan motif. Mirip cat yang digunakan pada mobil. Tapi jangan salah sangka. Motif-motif tersebut ternyata berasal dari stiker tempel yang diterapkan dengan penuh ketelitian sehingga menyerupai cat mobil.
Akan tetapi bagaimana sebenarnya sebuah stiker bisa menempel dan seakan-akan menyatu dengan body suatu kendaraan atau mobil. Berikut ini adalah tahap-tahapan proses kerja pengaplikasian cutting sticker (stiker tempel) pada kendaraan.
1. Pilih gambar
Sebagai langkah awal untuk membuat pemercantik tampilan mobil adalah menentukan jenis desain atau gambar. Banyak sumber yang bisa digunakan seperti gabar-gambar internet atau bisa saja Anda berkreasi dengan desain rancangan sendiri.
2. Percantik gambar
Setelah mendapatkan gambar yang diinginkan, bingkai dan beri hiasan untuk mempercantik tampilan gambar. Saat ini sudah semakin banyak program yang dapat digunakan untuk mengedit gambar dengan komputer.
3. Cetak gambar
Jika sudah selesai desain gambarnya, maka gambar tersebut bisa segera dicetak. Tentunya dengan kertas khusus stiker. Setelah itu dilanjutkan dengan menghilangkan bagian yang tidak perlu. Pada tahap ini diperlukan kehati-hatian supaya kualitas gambar maksimal.
Karena itu untuk gambar yang semakin rumit, maka perlu ketelitian yang lebih tinggi. sehingga tak mengherankan jika semakin rumit gambarnya, harganya pun akan lebih mahal.
4. Penempelan
Untuk gambar yang kecil, si pemilik kendaraan bisa saja menempelkannya sendiri. Akan tetapi untuk gambar besar, maka perlu tenaga ahli supaya tempelannya menjadi sempurna.
Untuk menempelkan stiker berukuran besar bisa menggunakan air sabun sebagai dasar terlebih dahulu. Dengan begitu masih bisa digerakkan ke posisi yang diinginkan.
5. Lepas masking tape
Langkah terakhir adalah melepaskan masking tape. Untuk melepaskannya cukup mudah, tinggal menariknya secara perlahan-lahan. yang harus diperhatikan adalah kejelian dan ketelitian, sehingga tidak ada udara yang tertinggal dan meninggalkan gelembung-gelembung. (ans/bbs)
Supaya Tidak Belang
MEMILIKI kegemaran mempercantik tampilan mobil dengan stiker tempel memang terbilang menyenangkan. Kita bisa berganti-ganti motif dengan melepas dan memasang kembali stiker-stiker yang sesuai selera kita.
Akan tetapi ada kalanya bodi mobil menjadi belang-belang ketika stiker dilepaskan. Biasanya hal tersebut akibat tempelan tidak menutup seluruh bagian bodi mobil. Namun supaya mobil bisa kembali lagi mulus, bisa digunakan tips berikut ini:
1. Siapkan peralatan
Untuk memukai pekerjaan ini, siapkan beberapa perlengkapan dinataranya adalah pengering rambut (hair dryer), kain lap, dan minyak kayu putih. Tak lupa sediakan juga kumpon (Thermosteel Engine Reapair Compound) karena bahan ini terkenal dengan kemampuannya untuk mengatasi masalah abrasi pada mesin mobil. Dan yang terkahir adalah obat poles yang memiliki kandungan wax.
2. Mudahkan dengan hairdyer
Untuk melepaskan atau mencopot stiker, gunakan pengering rambut untuk mempermudah prosesnya.
3. Hilangkan sisa lem
Setelah dilepaskan, stiker biasanya meninggalkan sisa-sisa lem di bodi mobil. Untuk membersihkannya, gunakan minyak kayu putih sambil digosok-gosok
4. Olesi kumpon
Setelah stiker dilepas dan sisa lem dibersihkan, langkah selanjutnya adalah dengan mengolesi pakai kumpon sampai merata pada bagian mobil yang terlihat belang. Setelah itu lap dengan dengan kain halus secara perlahan supaya tidak menimbulkan goresan.
5. Diamkan dua hari
Setelah itu diamkan selama dua hari. Tujuannya supaya kumpon bisa meresap di bodi mobil
6. Poles wax
Setelah kumpon meresap, gosoklah sampai benar-benar tak ada bekas yang terlihat. Kemudian poleslah dengan wax dan lihat hasilnya setelah satu minggu. (ans/bbs)
(Sumber: OTO Tips Online)

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
kelahiran bukittinggi selanjutnya cari sendiri

Pengikut